Jumat, 17 Mei 2013

Olahan Sehat dan Menarik dari Paprika



Mengkosnsumsi makanan sehat berupa sayuran memang sudah bukan jadi hal asing lagi, sayur memiliki banyak keunggulan untuk mendesain pola hidup sehat dari dalam. Tak sengaja membaca berita terbaru dengan tema “Manfaat Paprika Bisa TurunkanRisiko Parkinson” yang saya lihat dari portal news berita “ berita terkini liputan6.com”, setidaknya dari situ saya mendapatkan banyak pencerahan soal arti kesehatan sesungguhnya yang sering kita abaikan.
Sedikit asing mungkin dengan penyakit Parkinson, ternyata setelah searching di internet penyakit Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson. dengan adanya tremor pada saat beristirahat, kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot. Parkinson menyerang sekitar 1 di antara 250 orang yang berusia di atas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang yang berusia di atas 65 tahun.(wikepedia).
Penemuan oleh Dr Searles Nielsen, AS membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi sayuran dua kali seminggu mampu menurunkan risiko parkinson hingga 30 persen. Meskipun penyakit ini menyerang di usia 40-65 tahun, tak ada salahnya mulai sejak dini kita mengkonsumsi makanan sehat seperti Paprika yang ternyata memiliki fungsi pencegahan melawan penyakit tersebut. Selain paprika ada juga jenis sayuran yang mampu melawan penyakit Parkinson yakni kentang, terong dan tomat.
Terinspirasi dengan paprika yang rasanya pedas, saya mencoba melihat beberapa olehan sehat dan menarik  dari paprika. Selain mampu mencegah terjadinya penyakit parksinton, diaharapakan dengan mengkonsumsi paprika kita bisa memulai hidup sehat dari sekarang.

Untuk Salad

Paprika sangat cocok dipadu padankan dengan salad sayur, selain bisa memberikan cita rasa pedas yang alami, paprika juga bisa memberikan sesnsasi warna yang indah pada salad.
Campuran Tumisan Pada daging 

Cara seimbang mengkonsusmi daging dengan olahan masak secara ditumis ialah dengan mengabungkannya dengan aneka sayuran. Paprika tentunya sangat pas untuk campuran tumisan pada daging ayam maupun Sapi, seperti resep chikhen dan beaf teriyaki yang terkenal di Jepang.
Campuran Pizza 

Konon Pizza bukan makanan sehat dan mengandung banyak kolesterol, sebenarnya itu bisa disiasati dengan menambahkan sentuhan sayuran pada pizza yang akan dibuat. Paprika contohnya, salah satu jenis sayuran yang cocok untuk melengkapi rasa pada pizza.
Paprika Panggang / Kukus

Cara lain mengkonsumsi paprika ialah dengan cara dipanggang atau dikukus, biasanya paprika panggang atau kukus senantiasa dicampur dengan resep sayuran atau daging lainnya. Hampir terlihat seperti wadah yang menyerupai mangkuk.
Bagaimana mengkonsusmi paprika dengan olahan-olahan sedehana sepertinya sangat mudah bukan, selain  berita terkini soal manfaat paprika mampu mencegah penyakit parkinson, paprika juga sangat mudah diolah


Sumber gambar diambil dari :
gastronomiadescomplicada.blogspot.com 

0 komentar:

Posting Komentar