Kamis, 31 Januari 2013

Bagaimana Nasib Pedagang di Area Stasiun Jabodetabek ?

Pembersihan area stasiun guna penambahan gerbong KRL nampaknya meberikan untung rugi  khususnya buat kita para pengguna jasa kereta api.  Betapa tidak, PT. KAI tak segan-segan untuk membersihkan area disekitar stasiun yang belakangan ini terkesan semerawut oleh pedagang yang berjualan disekitar stasiun, baik pedagang yang menetap lewat ruko kecil yang melekat disisi stasiun maupun pedagan keliling yang notabennya mengais rezeki lewat berjualan di sana. 

 Buat saya pribadi hal itu justru memberikan untung rugi tersendiri, pertama stasiun lebih tertata rapih dan lebih bersih,  namun ruginya ketika kita hendak membeli  barang-barang dagangan di Area stasiun, bahkan hanya  sebotol aqua kita harus rela berjalan ke luar area stasiun untuk membelinya. Apalagi jika kita mencari barang-barang kebutuhan yang notabennya  bisa kita dapatkan dengan harga cukup miring. Yah,, paling tidak cocoklah untuk pembeli kalangan menengah kebawah. 

Pertanyaan saya  tidak berhenti sampai disitu lalu bagaimana ya nasib pedagang yang setiap harinya mencari rezeki lewat berdagang.  Lain halnya buat pedagang Kios yang mungkin bisa dengan mudah   tranmigrasi berjualan kemanapun, namun bagi meraka pedagang kelililing yang menjual dagangan  eceran, meskipun kesehariannya hanya menjual selinting rokok atau permen tetap saja membuat saya bertanya bagaimana kabar mereka atau lebih tepatnya nasib mata pencarian mereka.

Faktanya ketika sebuah sistem  harus diberlakukan dalam segala hal kita harus mengikuti sistem tersebut, bukan sistem yang mengikuti bagaimana keinginan  manusia. Seperti halnya  dalam hal ini,  ketika ketertiban dan kebersihan harus diterapkan guna menertibkan sistem yang telah dibuat oleh PT. KAI, kita harus mengikutinya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Jauh disamping itu  seringkali sisi kemanusiaan kita lebih peka daripada aturan sistem yang  mutlak tanpa pandang bulu. Harapannya semoga  nasib pedagang yang berjualan di area  Stasiun Jabodetabek bisa  memperoleh   rezeki di tempat lainnya  yang mungkin bahkan lebih besar dari tempat sebelumnya. Kita doakan saja ^^.

1 komentar:

sukague.com mengatakan...

antara hati nurani dan peraturan juga sih kalo aku jadi penegak hukumnya hehe
bingung

Posting Komentar