Selasa, 03 Januari 2012

Hidup Itu Ibarat Sebuah Bola



Siapa yang tak kenal bola? Lewat bentuk sebuah bola kita bisa mengamati bahwa tidak ada sudut yang mengelilinginya. Bola identik dengan sebuah lingkaran bundar yang selalu diartikan bagi kebanyakan orang ialah pergerakan dinamis, karena  selalu berputar mengukuti gerakannya. Saking dianamisnya  sebuah gerakan bola kadang kita tidak pernah tahu tepi bawah mana yang berputar keatas dan atas yang berputar kebawah.
Seperti itulah jika kita gambarkan, kehidupan seseorang kadang berada diatas kadang juga jatuh dibawah Itu hukum alam dan terus bergerak dinamis mengikuti gerakannya. Mengamati  bentuk  bola saya terfikir bahwa semua yang tidak mungkin pasti bisa mungkin,  semua yang kita nilai tidak pasti suatu saat bisa jadi pasti.  Karena sekali lagi bola berputar berdasarkan gerakannya.
Kenapa harus bulat ?
Seperti hidup yang selalu berputar, pernah denger ngak lagu ST 12 dulu yang belum bubar “ Dunia pasti berputar, ada saatnya kita harus berubah,,, ingat pasti berputar,,, kita harus siap hadapi semua....ikhlaskan segalanya...jalani semua yang ada di dunia” begitu kurang lebihnya. Dunia itu bulat, bola itu juga bulat semua yang  bulat pasti berputar, kecuali kalo ngak digerakin pasti bola itu akan diam. So, selama masih ada gerakan atau kita bisa analogikan sebagai usaha keras agar bola tersebut bisa berputar, kita juga harus memberdayakan gerakan tersebut dengan usaha, perjuangan, dan tekad bulat agar  bola yang kita giring bisa berputar sesuai apa yang kita harapkan.
Sampe lupa sama jawabannya kenapa harus bulat, karena kalo ngak bulat bola itu ngak bisa beputar, atau barangkali ngak bisa  merubah posisi yang tadinya diatas menjadi dibawah ataupun sebaliknya yang ada dibawah pindah keatas.
Bola itu bulat
Bingung pasti baca postingannya, apa bedanya dari sub judul diatas.  Bedanya bola itu bulat loh,,, dan gak akan bisa berubah jadi persegi, lonjong, segitiga ataupun berbentuk kerucut. Sama halnya ketika kita menjalani hidup diatas dunia ini yang bulat. Kita ngak bisa  melawan apa yang tuhan tentukan untuk kita misalnya, kita ingin menjadi orang sukses selama-lamanya 7 turunan dan gak ada yang ngalahin, mungkin gak?  kalo menurut saya sih  mungkin aja, tapi  satu hal yang perlu diingat ketika hidup itu ibarat bola, dan bola itu bulat adakalanya setiap apa yang kita harapkan jauh dengan apa yang kita inginkan. Karena apa? Mungkin karena usaha kita belum membuahkan hasil, atau juga mungkin faktor yang paling mendasar ialah ketentuan tuhan terhadap apa yang digariskannya.
Bola Itu Harapan
Kenapa dibilang harapan? Sebab,kalo bentuknya bukan lingkaran mungkin pupuslah apa yag namanaya harapan. Bola itu bagi saya misteri, misteri bagaimana  bisa berputar dan bagaimana putarannya itu tepat sesuai apa yang kita harapkan. Namun disamping harapan dan usaha kita juga jangan berbangga diri karena manusia memiliki akal yang lemah, sedangkan Tuhan tidak pernah lemah dan tidak pernah meleset dari apa yang telah menjadi ketentuannya. Jadi teruslah berharap dan mewujudkan harapan tersebut hingga menjadi gerakan yang sempurna seperti apa yang kita harapkan.
Ada saatnya semua harus berputar....
Lewat sepenggal bait diatas, kita harus sardar dan membuka mata serta wawasan kita selebar-lebarnya  bahwa yang berputar itu kadang memberikan tawa bahagia kadang juga memberikan tangis malapetaka.  Namun tidak pernah satupun kita  mampu mengupas kapan, dimana, bagaimana kita bisa melewati putarannya apakah dalam keadaan senang atau  mungkin sedih. Jangan pernah merasa puas dan berbangga diri, jangan pernah merasa kita ini paling bruntung atau mungkin objek yan mnederita karena  ikuti saja gerakan putarannya.
Dari bola kita bisa menilai hidup jauh lebih lebar, jauh lebih luas dan jauh lebih mengantungkan harapan bahwa akan ada hidup yang lebih baik lagi. Begitupun apa yang saya rasakan bahwa “ketidakmungkinan  seeseorang  tidak mungkin bisa menguasai kemungkinan sang maha pencipta”.  


11 komentar:

Anonim mengatakan...

Betul, semuanya seperti bola, terus berputar. :)
Namun semua yang berputar di dunia ini tidak terjadi karena kebetulan. Jika bukan kebaikan yang kita dapat, mungkin saja itu ujian dari Tuhan untuk menempa kita. :)

Asaz mengatakan...

tidak semua bola jalannya berputar, ada juga tembakan lurus bila melambung

Rosid On Street mengatakan...

Alam dan kehidupan mengajarkan kita kalau hidup bisa sepeti banyak hal, salah satunya bola yang mengajarkan bahwa hidup selalu bergilinding dengan skenarionya Tuhan.

Skenario Tuhan tidak hanya bersifat filsafat, tapi juga skenario sesungguhnya dalam pertandingan sepakbola. Kalaulah bola itu sebuah kehidupan, mungkin tugas kita selanjutnya adalah menjadi "pemain bola" yang baik, yang bisa mengatur sedemikian rupa arah dan ritme gerakan bola kehidupan supaya seperti yang kita harapkan.

Paling tidak itulah usaha, sedangkan gol atau tidaknya tetap kuasa Tuhan sepenuhnya. :-)

Wallahualam

catatan si kopet mengatakan...

ini tukang bola kenapa promo di blog sihhhh?????sonooo dilapangannn kalo ma kasihh education tentang bola mahhhhh...heheheheheh

Ratno Wistu mengatakan...

Hehehe.... Bener juga sih... :)

http://kapiler.blogspot.com/2011/12/gitar-dan-kehidupan.html

Ratno Wistu mengatakan...

Gitar dan Kehidupan

newmyinspiration mengatakan...

@I2-Harmony : karna bole putarannya tergantung dari kita yang mengerakannya ya,,

@ASAZ : iya itu teknik permainan bola yang akan kita giring,, tapi sejatinya tetap berputar kan ya mas ^^

newmyinspiration mengatakan...

@ Rosid : thanks komenntnya oke banget,,,thanks ..thanks..

newmyinspiration mengatakan...

catatan si kopet : weewww,,,, saya kan bukan pelatih bola pak pet,,,,hihihi

newmyinspiration mengatakan...

@ Ratno Wistu : makasih dah mampir....^^

pirly_ae.dot.com mengatakan...

wah sungguh inspirasi yang bagus. mampir ya mohon dukungannya http://pirlyyyy-dot-com.blogspot.com/2012/01/sewa-ruang-kantor-jakarta-murah.html

Posting Komentar