Selasa, 25 Juni 2013

Komedian Tidak Hanya Soal Lucu





Seneng ya kalau di waktu pulang kerja kita bisa bersantai berama keluarga dan menyaksikan program televisi, contohnya aja acara komedi/lawak yang banyak disiarkan dibeberapa stasiun televisi tanah air. Lewat tayangan lawak di tv ternyata banyak loh komedian Indonesia yang lucu, heboh , bahkan ngak jarang untuk menampilkan kesan lucu di mata pemirsa, mereka bela-belain berlaku tidak sopan dengan lawan mainnya.


Kadang kalau lihat tayangan seperti itu pemikiran saya menerawang hingga terbawa ke sebuah pemikiran “kok jadi begini ya”, apa iya selamanya lawakan harus mempertontonkan kelucuan yang malah terkesan tidak sopan atau tidak pantas dilihat?”. Beragam tayangan lawak di layar telivisi banyak banget versinya, ada yang kadang bikin perut kocak karena memang si pelawak itu asli lucu tanpa dibuat-buat ada juga yang komedian yang lucunya dibuat-buat. 

Sebenernya bukan ingin ngebahas bagaimana lucu atau ngak lucunya si komedian tersebut, tapi ini soal eksistensi para pelawak  dimata masyarakat. Banyak loh kasus sampai detik ini juga tanpa ingin disebutkan, pelawak yang tersandung kasus karena dinilai malah tidak etis atau sopan, pelecehan , dan merugikan nama baik. Kalo difikir sayang banget gitu !!!, mereka kan hadir bukan hanya harus bermodalkan lucu tapi jauh disamping itu ilmu pancasila ketika dibangku sekolahan juga harus diterapkan. 

Karena banyak mata yang memandang, oke lah kalau kita yang sudah dewasa, bisa menilai mana yang layak ditiru dan mana yang tidak layak ditiru. Tapii??? Mereka, buat  anak-anak kita, ponakan, cucu, yang masih kecil dan harus menyaksikan tayangan komedian kasar dilayar tv?, apa acara lawak/ komedi di stasiun TV mau bertanggung jawab dengan generasi bangsa?, apa juga KPI mau bertangung jawab dengan dampak itu terhadap generasi penerus?.

Setelah saya fikir, ternyata jadi komedian itu bukan hanya bermodalkan lucu loh, mereka juga harus “smart” mengatur pola tingkah, kata, dan sikap terhadap lawan mainnya dan juga jutaan mata yang menonton lawakannya. Apapun alasannya menjadi komedian yang lucu itu tidak melulu harus tampil over dengan menghalalkan banyak cara hingga melupkan sopan santun dimuka umum. 

Semoga komedian di Indonesia bisa menjadi pribadi yang bukan hanya lucu, tapi juga menginspirasi para penonton untuk tayangan yang menghibur juga mendidik, Setuju?.


Sumber gambar dari :  
 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gak hanya lucu tp aneh kwkwkwk

newmyinspiration mengatakan...

lucu kayak aku ya mas hehehee ^^

Posting Komentar